Tips Cara Menciptakan Charger Aki

LETAKKAN KODE ADSENSE YANG SUDAH DI PARSE DI SINI


 Bengkel-bengkel,sepeda motor,maupun mobil, siswa siswa STM Elektro praktikum atau penghobby elektro biasanya sangat familiar dengan peralatan cas aki (sebutan aslinya accu charger). Cas aki (accu charger) berkhasiat sebagai alat pengisi ulang strom aki motor atau aki kendaraan beroda empat disimpan untuk kelengkapan peralatan di rumah. Dengan mempunyai cas aki di rumah, anda sedikit lebih hening bila sewaktu-waktu aki yang ada pada kendaraan anda mengalami habis strom tinggal anda cas sendiri dirumah.

Biasanya cas aki sudah banyak di jual di toko toko elektronik, tapi dengan harga yang sangat mahal tentunya.dengan kita menciptakan sendiri tentunya kita sanggup menghemat dan menambah pengalaman.untuk materi juga banyak di toko toko elektronik dengan beberapa jenis dan pilihan,untuk charge aki sendiri banyak ukuran ampernya tergantung kebutuhan.

Tapi berdasarkan aku untuk menciptakan charge aki sendiri aku sarankan untuk menggunakan trafo yang lebih besar dan yang berkwalitas tentunya agar awet,karena apa kalau trafo besar untuk ngecas nanti sanggup cepat dan kesudahannya memuaskan.untuk charge aki sendiri berdasarkan aku yang anggun pake trafo ukuran 5 amper. untuk yang ukuran 5 amper kebawah aku kira kurang anggun untuk kesudahannya nanti.

Pilih materi yang kwalitas terbaik,dan usahakan memeilih trafo yang kawat emailnya yang besar jangan terlalu kecil,kalu terlalu kecil nanti kasian si trafo soalnya sangat panas sekali dan kalau trafo gak tahan nanti sanggup terbakar.

Membuat charge aki dengan tegangan 12v
 
1. Tranfomator (trafo) minimal 5 -15 amper ct 15v ( trafo semakin besar semakin bagus)
2. Dioda untuk dioda aku sarankan pake dioda model xiprox bentuknya kotak 
3. Elektrolit kondensator elko ukuran 2200uf 25v
4. sekring 5-10 amper + rumah sekringnya
5. kaber tunggal dengan warna merah hitam
6. jepit aki 1 pasang merah hitam
7. box, untuk box sanggup juga buat sendiri dari plat/kayu agar hemat. tpi kalau mau hasil model       yang anggun beli juga gak papa
8. mur baut secukupnya 

Peralatan yang di butuhkan
1.solder
2.Timah secukupnya
3. Tang potong

Untuk tutorialnya lihat skema/gambar dibawah ini:
 siswa siswa STM Elektro praktikum atau penghobby elektro biasanya sangat familiar den Tips cara menciptakan charger aki






















Di rakit ibarat di bawah ini:

Maaf ada kesalahan kecil untuk gambar diata untuk secundery travo 15v

Tapi beda lagi cas aki itu tidak menggunakan trafo ct saja pakai yang biasa juga bisa
ini beliau skema/gambarnya:

 siswa siswa STM Elektro praktikum atau penghobby elektro biasanya sangat familiar den Tips cara menciptakan charger aki

Untuk melihat aki tersebut terisi penuh anda sanggup melihat dari vu ampere meter bila sudah mendekati penu biasanya untuk jarumnya akan ke posisi 0.tips merakit cas aki ini aku sarankan untuk memasang instalasi dalamnya usahakan serapi mungkin dan jangan samapai ada yang bersentuhan satu sama yang lain. untuk menghindari konsleting dan kalau sudah jadi mohon taruh yang jauh dari jangkauan anak kecil.

Hindari untuk jangan terlalu usang mengetes arus keluar ces dengan menyentuhkan antara (-) dan (+) cukup singkat saja untuk melihat hasilnya,jika terlalu usang sanggup menjadikan komponen cepet short/lemah.atau juga untuk fusenya putus. 
ETAKKAN KODE ADSENSE YANG SUDAH DI PARSE DI SINI